Sistem Pendukung Keputusan I

Sistem Pendukung Keputusan I

Oke guys, kali ini saya akan berbagi mengenai definisi Sistem Pendukung keputusan atau biasa yang dikenal dengan SPK atau DSS (decision support system) menurut para ahli:

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat (Turban, 2005:105).

Menurut Keen dan Morton dalam Turban et.al (2005:15) sistem pendukung keputusan adalah penggabungan sumber-sumber kecerdasan individu dengan kemampuan komponen untuk memperbaiki kualitas keputusan. Sistem pendukung keputusan juga merupakan sistem informasi berbasis komputer untuk manajemen pengambilan keputusan yang menangani masalah-masalah semi struktur.

Menurut Kusrini (2007:15) Decision Support System (DSS) adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem itu digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur.

SPK sebagai sebuah sistem berbasis komputer yang membantu dalam proses pengambilan keputusan. SPK yaitu sebuah sistem berbasis komputer yang adaptif, fleksibel, dan interaktif yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah tidak terstruktur sehingga meningkatkan nilai keputusan yang diambil (Khoirudin, 2008).

Pengambilan keputusan adalah pemilihan beberapa tindakan alternatif yang ada untuk mencapai satu atau beberapa tujuan yang telah ditetapkan (Alexander et al, 2007).  Pengambil keputusan boleh jadi melihat salah satu atribut sebagai yang mempunyai pengaruh besar dan yang lainya memiliki pengaruh kecil, faktanya jika analisis awalnya dalam pengeliminasian alternatif mengalami kegagalan apapun itu membutuhkan kinerja yang minimal (Kahraman, 2008).

Sistem Pendukung Keputusan atau Decision Support Sistem (DSS) merupakan sebuah sistem untuk mendukung para pengambil keputusan manajerial dalam situasi keputusan semi terstruktur. DSS dimaksudkan untuk menjadi alat bantu bagi para pengambil keputusan untuk memperluas kapabilitas mereka, namun tidak untuk menggantikan penilaian mereka ( Alit, 2012).

Dari kesimpulan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decission Support System (DSS) adalah sebuah sistem alat bantu yang berbasiskan komputer dengan sistem yang interaktif, yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah untuk mendukung para pengambil keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.

Ref :

  • Turban, et al. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th Ed. New Jersey : Pearson Education.
  • Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi
  • Kahraman, Cengiz. (2008). Fuzzy multi-criteria decision making Theory and applications with Recent Developments. Istanbul: Istanbul Technical University.
  • Alit, Putri. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Cerdas Dalam Penentuan Penerima Beasiswa. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali.

 

Mohon dimasukkan link ini jika ingin di share..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *