Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi 2018

Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi 2018

Kali ini saya mau sharing bagaimana pelaksanaan Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi (SNARTISI) 2018. SNARTISI ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Serang Raya. SNARTISI ini dilakukan pada tanggal 02-03 November 2018. Ada beberapa hal yang sangat menarik dari pelaksanaan SNARTISI, berikut gambaran singkat yang mungkin bisa di bayangkan.

Acara 02 November 2018

Acara hari pertama ini dimulai dari Seminar dengan tema “Big Data Analisis Untuk Mendukung Pembanngunan Berkelanjutan” dengan pembicara Prof. Dr. Ir. Richardius Eko Indrajit, M. Sc, M.B.A.

Hal yang sangat menarik adalah pemaparan dari prof. eko mengenai big data adalah diawali dengan permainan game masal dengan gadget seluruh peserta pemenang dengan nilai score tertinggi mendapat hadiah tunai uang untuk pengganti quota dari beliau. overall pemaparan tentang Big Data yang saat ini menjadi trend millenial menjadi lebih interaktif dan cepat dimengerti walaupun hanya dilakukan beberapa jam.

Acara yang ke dua di hari pertama adalah Pemakalah mendapat kesempatan untuk Touring ke Suku Badui di Banten. perjalanan dari Universitas Serang Raya ke lokasi memakan waktu -/+ 4 Jam. dengan cuaca yang sangat tidak mendukung karena waktu masuk kearea badui luar gerimis, dan bahkan hujan lebat. secara pengalaman ini hal yang sangat luar biasa karena -/+ 1,5 jam berjalan dengan lintasan yang luar biasa dahsyat hingga sampai di perbatasan jembatan badui dalam dan luar. para peserta tour kembali ke Universitas Serang Raya -/+ 21.00 WIB.

Hal yang perlu diperbaiki dalam kegiatan kedua adalah masalah ke tidak siapan dari panitia. Melihat dari Schedul yang ada peserta sudah kembali ke UNSERA paling lambat pukul 18.00 WIB. pada saat kondisi dilapangan para peserta tidak dibreafing terlebih dahulu untuk persiapan yang harus dibawa karena banyak peserta yang tidak membawa baju ganti ataupun sandal (Kondisi Cuaca Hujan). Acara touring hanya sebatas jalan-jalan karena tidak ada acara setelah sampai di perbatasan antara badui dalam dan luar yang bisa dibilang hanya menghabiskan waktu.

Acara 03 November 2018

Hari kedua di SNARTISI 2018 adalah pembahasan dari hasil karya tulis . pemakalah-pemalah diberikan waktu untuk menshare hasil penellitian yang sudah dibuat. tentunya banyak peserta terutama dari kalangan mahasiswa yan sangat antusias untuk bertanya. secara keseluruhan acara berjalan sangat baik, walaupun sebagian besar pemakalah mengalami kelelahan akibat touring.

hasil penelitian dapat di lihat dan download :

karya ilmiah atau snartisi unsera


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *