Virtual Machine

Virtual Machine

Kali ini saya akan mencoba menuliskan kembali tentang tulisan yang dulu pernah dibuat, yaitu Virtual Machine.

Kata-kata ini mungkin tidak asing di telinga kalian. Di Era sekarang apapun semua serba virtual, baik Ruangan, Pembayaran, Bank, Bahkan Uangpun sekarang Virtual (bitcoint). baiklah mari kita lihat asal muasal kali mesin virtual didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Mesin virtual terdiri dari dua kategori besar, dipisahkan menurut cara penggunaan dan tingkat keterhubungannya dengan mesin-mesin aslinya. Sebuah mesin virtual sistem adalah perangkat yang berupa platform sistem yang lengkap dan dapat menjalankan sebuah sistem operasi yang lengkap.

Dari pengertian diatas kita dapat lihat bahwa Virtual mesin diciptakan untuk memudahkan pengguna dalam ber-interaksi dan terhubung sama seperti mesin asli tanpa harus ada mesin aslinya terlebih dahulu. Biasanya virtual machine digunakan untuk simulasi sebelum diimplementasikan di real machine.

Ada 4 software Virtual machine yang biasa dan sering digunakan saat ini :

1. Virtual Box

VirtualBox mendukung berbagai macam sistem operasi, sehingga memungkinkan kamu menginstal OS apapun yang kamu mau. Selain itu, kamu bisa mendapatkan VirtualBox secara gratis langsung dari websitenya

2. VmWare

Vmware ada 2 jenis yaitu VmWare Player dan VmWare Workstation dengan sistem operasi Windows dan linux.

3. Virtual PC

Software yang satu ini buatan asli dari Microsoft dan sistem operasinya yang didukung pun hanya Windows saja

4. QEMU

virtual machine yang diperuntukan untuk OS Linux

Untuk Selanjutnya mari kita coba untuk menggunakan Virtual machineĀ  >>Cusss<<

sumber : wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *